/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Nafeeza Collection (Aneka Tas)

Tuesday 22 October 2013

Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
a.       Pandangan hidup
Pancasila sebagai pandangan hidup berarti
bahwa
a)      Pancasila merupakan konsepsi dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia dalam mengarungi kehidupannya.
b)      Pancasila mengandung gagasan dan pikiran tentang kehidupan yang dianggap baik dan benar bagi bangsa Indonesia yang bersifat majemuk.
c)      Pancasila menjadi pedoman dan penuntun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan benegara.
d)     Pancasila merupakan tolok ukur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b.      Dasar Negara
Pancasila sebagai dasar Negara berarti bahwa:
a)      Pancasila menjiwai hukum dasar tertulis (konstitusi) Negara
b)      Pancasila menjadi dasar dalam mengatur penyelenggaran Negara dalam menata serta mengarahkan jalannya pemerintahan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
c)      Pancasila dijadikan dasar hukum yang menjiwai segala peraturan perundang-undangan yang mngatur segala tata kehidupan dalam wilayah Indonesia.
d)     Pancasila mendasari segenap proses dalm kehidupan bernegar di Indonesia
c.       Kepribadian bangsa
Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti Pancasila memberi corak yang khas kepada bangsa Indonesia yang mampu membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.
d.      Perjanjian luhur bangsa Indonesia
Perjanjian luhur bangsa Indonesia yang disetujui oleh wakil-wakil rakyat Indonesia menjelang dan sesudah proklamasi bukan sekedar karena ditemukan kembali dari kandungan kepribadian dan cita-cita bangsa Indonesia yang terpendam sejak berabad-abad yang lalu, melainkan karena Pancasila telam mampu membuktikan kebenarannya setelah diuji oleh sejarah perjuangan bangsa.
e.       Ideologi Nasional
Pancasila sebagai ideologi nasional berarti Pancasila menyediakan seperangkat gagasan, prinsip, doktrin, ide tentang cita-cita bangsa yang mau dicapai dan cara mencapainya. Adapun cita-cita bangsa Indonesia diterjemahkan ke dalam visi-misi Indonesia masa depan. Visi-misi ini termaktub dalam Ketetapan MPR RI No.IV/MPR/1999 tentang GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara) sebagai berikut:
a)      Visi
                        Terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing,                             maju dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh                         manusia Indonesia yang shat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air,                             berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki                             etos kerja yang tinggi dan berdisiplin.
b)      Misi
1)      Pengamalan Pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2)      Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kualitas kemanusiaan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan dan mantapnya persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun dan damai.


No comments:

Post a Comment