/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Nafeeza Collection (Aneka Tas)

Thursday 23 October 2014

Mengapa Manusia Membentuk Negara?

Mengapa kita sebagai manusia membentuk sebuah Negara? Jawabannya adalah
karena kita manusia. Manusia adalah adalah individu sekaligus makhluk social. Sebagai makhluk individu manusia memiliki jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal budi dan kehendak. Dengan akal budi dan kehendak inilah manusia memenuhi kebutuhan-kebutuhannya yaitu sandang, pangan, papan, kasih sayang, harga diri dan sebagainya. Sebagai makhluk social manusia yang tidak dapat hidup sendiri, dan memerlukan orang lain dalam hidupnya bahkan manusia adalah makhluk yang diberi kekuatan untuk senantiasa berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesamanya.
Berdasarkan teori terbentuknya negara secara primer sesungguhnya negara terbentuk dari sekelompok individusaling berinteraksi hingga membentuk keluarga, berlanjut membentuk masyarakat dan suku-suku. Sampai disini  manusia membentuk persekutuan-persekutuan tersebut masih didorong oleh kebutuhan alamiah. Namun manusia tidak berhenti sebatas kebutuhan semata akan tetapi terus berlanjut menyentuh kepentingan yang mengakibatkan persekutuan-persekutuan tersebut membentuk entitas masyarakat untuk mewujudkan kepentingan-kepentingannya dengan membentuk negara.

Dengan kata lain Negara dibentuk tidak hanya memenuhi kebutuhan semata tetapi juga untuk memenuhi kepentingan-kepentingan manusia. Untuk memenuhi hal tersebut maka manusia menunjuk atau mempercayakan sebagaian urusannya yang tidak mungkin dilakukannya secara sendiri kepada wakil-wakil yang dipercaya atau pemimpin-pemimpinnya. Pada zaman modern ini pemimpin-pemimpin tersebut menjelma sebagai presiden, perdana menteri atau pimpinan-pimpinan lembaga-lembaga Negara.

No comments:

Post a Comment